Senin, 06 April 2015

Berbelanja Kosmetik di Korea Selatan


Tidak bisa dipungkiri bahwa K-Pop dan K-Drama memegang peranan penting dalam menaikan popularitas kosmetik asal negeri ginseng tersebut. Orang-orang yang tertarik dengan kosmetik Korea umumnya merasa penasaran dan juga ingin mendapatkan kulit mulus dan indah ala selebriti Korea. Karena alasan tersebut, hampir semua brand-brand kosmetik Korea melibatkan idol dan juga artis Korea untuk menjadi brand ambassador dalam mempromosikan produk mereka. Siapa sih yang tidak tau brand kosmetik seperti Etude House, Nature Republic, The Face Shop, Tony Moly, Skin Food, Inisfree, atau Missha? Sebut aja artis dan penyanyi macam Girls Generation, EXO, Lee Min Ho, Jang Geun Suk, Kim Wo Bin, Kim Soo Hyun, Song Hye Kyo serta beberapa selebriti lainnya sukses menjadi brand ambasador dari tiap-tiap brand kosmetik itu.







Myeongdong, merupakan salah satu daerah surga khususnya bagi pecinta kosmetik. Banyak sekali brand-brand kosmetik di sepanjang jalan yang memberikan promo serta diskon demi menarik calon pembeli untuk masuk dan melihat-lihat. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam dan bersaing. Jadi amat sangat sulit untuk menentukan pilihan di toko mana dan apa saja yang akan dibeli. Soalnya semuanya bagus dan murah!




 Salah satu gerai Nature Republic di Myeongdong



 Gerai Skin Food di Myeongdong



Saya yang masih awam di dunia perkosmetikan mau tidak mau terbawa arus untuk ikutan belanja kosmetik. Padahal, belanja kosmetik sama sekali engga masuk agenda kegiatan saya selama di Korea. Paling cuma beli beberapa titipan temen aja. Tapi pemirsa, karena promosi dan bujuk rayu yang jago dari para penjual sukses membuat saya ikutan belanja kosmetik. Lumayan banyak pula bzzzzz. #kekepindompet



"Very very nice!"
rayuan mbak-mbak penjual



Kalau membandingkan harga beli kosmetik antara di Korea dan di Jakarta, memang benar bahwa harga di Korea jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di Jakarta. Perbedaan harganya saja bisa sekitar 3 kalinya loh. Lumayan banget bagi para pecinta kosmetik. Sebagai perbandingan, lipstik Etude yang saya beli di Korea harganya cuma 1/4 dari harga lipstik di gerai Etude di Indonesia. Hahahazzzz. Yang paling membuat senang saat berbelanja kosmetik di sana, pasti pembeli diberi free sample kosmetik secara cuma-cuma! Kekekekekekk....


Selama di Korea, hampir setiap hari saya, Cyn dan Pyo menyambangi toko kosmetik, bukan karena kami belanja kosmetik tiap hari yah, tapi kami hanya ingin melihat promo yang ditawarkan oleh toko-toko karena penawaran mereka tiap harinya selalu berganti dan memang toko kosmetik seperti warung di sana. Hampir di setiap sudut jalan pasti ada saja ditemukan toko kosmetik dan kebetulan juga, di depan hotel kami ada gerai toko kosmetik. Jadi setiap pergi dan pulang pasti kami mampir dulu ke situ. Hehehe....



Tiga hari menuju hari kepulangan, kami semakin gesit untuk belanja kosmetik. Dalam satu hari kami pasti menyambangi 3-4 kali toko kosmetik di depan hotel kami menginap. Sampai pada akhirnya mbak Eonnie yang melayani (namanya Alicia) hafal dengan kami huehehe. Setiap doi menjelaskan fungsi masing-masing kosmetik, kata kata mutiara yang sering dikeluarkan ialah "very very good!" "very very nice!" "very very beutiful!" "very very cheap!" Pastinya setiap pulang belanja di sana, kami akan diberi hadiah tambahan berupa free sample kosmetik. Engga tanggung-tanggung, banyak banget dikasihnya! Fufufufu, Thanks Alicia :D




Hasil belanjaan selama di Korea T.T



Free Sample yang dikasih cuma-cuma selama Korea :)))



Bersama Alicia yang baik hati *peluk*



See you again, Alicia! We'll come back again next time.... We promise! :D





Cheers,
Annisa A.



21 komentar:

  1. Hi, mau nanya nih, kosmetik yang kamu beli dari korea di masukin ke bagasi kah ato gimana ya? Soalnya aku lagi bingung, bulan depan mau ke korea dan udah list kosmetik yg bakal di beli. Tapi bingung itu bawanya dimana... Secara bagasi kabin ga bisa...

    Mohon pencerahannya yaaa....
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.... waktu itu sih di masukin ke dalam bagasi, karena kalau di cabin engga memungkinkan. Semua barangnya aman kok, yang cair-cair semua selamat sampai ke Indo :)

      Hapus
  2. Mau tanya dong itu mba mba nya ngomong pake bahasa apa ya? English? Atau korea? Makasih😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Firna,
      Semua petugas disana rata-rata bisa bahasa Inggris kok hehe.. ada juga sih beberapa yang kesulitan mengerti, tapi mereka helpfull dan sebisa mungkin ngebantu kita :D

      Hapus
  3. Itu kalo bawa kosmetik gimana nanti sama customs di indo bakal kena pajak atau gimana gitu...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Saras! Kalau kemarin pengalaman pulang dari sana aman-aman aja kok engga ada pemeriksaan ataupun kena pajak :)

      Hapus
  4. haloo mau tanya, itu kalo bawa kosmetik/skincare ke indo bakal kena pajak/bea cukai/something ga? soalnya buat keperluan sendiri jg dan bakal banyak belanja banget TT__TT mohon dibales yaa, mau pergi bentar lg soalnya hhe thx!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Claresta.. Sebelumnya maaf, kalau masalah akan kena pajak atau engga nya aku kurang paham. Tapi sepengalaman aku waktu itu dan beberapa temen yang pergi kesana saat pulang sih engga kena pajak atau biaya lainnya kok. Good luck ya! Selamat belanja juga :D

      Hapus
  5. Maaf kak mau tanya ,kakak dulu menginap di hotel apa ya?? Dan tempat belanja kosmetik paling murah menurut kakak di daerah mana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Karin! Dulu aku nginap di hostel di daerah Myeongdong, namanya Myeongdong Avenue (kalo ga salah ya, aku lupa hehe.. bisa di cek di booking.com btw :D) Letaknya persis di depan namdaemun market. Kalau mau belanja Kosmetik paling banyak adanya di Myeongdong, lengkap di sana.. Semoga membantu ya :)

      Hapus
  6. Mbak nanya dong hehe. Itu kemarin ngurus pengembalian pajak nggak waktu di Seoul? Katanya harus ada yg diurus di bandara gitu ya? Dari official store price kita dikenain charge pajak nggak disana? Thank you sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Iya, nanti semua struk pembelian kamu bisa diurus di bandara untuk ngembaliin uang kamu.. Jadi waktu di store nya kita memang dikenakan pajak, tapi bisa di declare saat di bandara :)

      Hapus
    2. Kak gmn cara declare pajak yang kena ke kita di bandaranya?

      Hapus
    3. IBU.PUPUT SULISWATI DARI SURABAYA
      Saya atas nama sULISWATI Yang kini menjadi pemilik beberapa Restoran ternama di Surabaya mengatakan ”Saya dulu seperti orang gila, bahkan hendak bunuh diri, usaha saya ditipu sahabat karib dan membawa lari semua uang saya. Sayapun harus menanggung hutang supplier dari usaha kontraktor yang dibawaH lari teman saya. Kesana kemari minta bantuan TIak ada yang mau menolong. Bahkan saya sudah keliling Indonesia untuk mendapatkan atau mencari pinjaman dan dana gaib, tapi untung di ujung keputus asa’an saya bertemu dgn Bpk KH.FHATULLA HARUN yang dikenalkan oleh adik ipar saya, akhirnya beliau menawarkan bantuan Dana Gaib tanpa tumbal/resiko diawal ataupun akhir dan dari golongan putih.setelah persyaratanya dilengkapi dan ritual selesai, MENGEJUTKAN !!!, saya mendapatkan dana gaib sebesar 1 Milyar dihadapan saya. KH.FHATULLA HARUN SALAM SEJAHTERA BUAT KITA SEMUA" HUB KH.FHATULLA HARUN di nomor hp; 085217085317

      KLIK=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik SEMOGA ADANYA PENGAKUAN SAYA INI ADA SAUDARA YANG SAMA NASIB SAYA MENDAPATKAN DANA GAIB..

      Hapus
  7. hai,
    mau tanya itu kamu claim pengembalian pajak buat kosmetik yg kamu beli disana?
    gimana caranya? ada syarat tertentu gak?
    terus kamu bawa kosmetik2 itu masih dalam bungkusan rapi masih baru apa udah dibuka kaya udah dipake?
    aku bentar lagi mau ke korea dan akan belanja kosmetik
    aku takutnya entar kena pajak bea cukai gitu las di bandara huhu T.T

    BalasHapus
  8. Kak katanya kalo ada bawa cairan gitu ga boleh lebih dari 100ml? Nah kk kmrn kayaknya bawa banyak cairan itu gmn? Apa gak apa"? Terus kak kakk masukin kopernya kosmetik nya gmn? Apa ngga pecah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab yah
      kemarin aku baru abis dari korea dan aku belanja banyak kosmetik
      taroh di koper gak masalah kok
      kalo masukkin di kopernya sih yaa dilapisin baju aja biar gak pecah

      Hapus
  9. hi kak mau tanya..aku ada rencana mau belanja banyak nih.
    liat di website banyak banget yang masker 20+20, kalau beli puluhan gitu aman ga ya?
    atau pokoknya maksimal 250$/org 1000$/kel aja belanjanya jadi aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab yaa
      berdasarkan pengalaman aku beli masker pas ke korea taun lalu, aku beli bermacam kosmetik termasuk masker 10 pcs itu lolos dan aman
      soalnya aku masukkin di koper bagasi sih

      Hapus
    2. Kalau beli sampe ratusan kena ga ya?

      Hapus