Kamis, 14 Mei 2015

Jjimjilbang di Itaewon Land



"Belum ke Korea kalau belum pernah mencoba Jjimjimbang!"


Itulah tulisan yang saya baca di beberapa blog saat menyiapkan itinerary ke Korea Selatan. Apa sih Jjimjilbang itu pikir saya awalnya? Jjimjilbang (찜질방) merupakan tempat pemandian umum khas Korea yang berukuran besar dan untuk masuk ke dalam para pengunjung harus menanggalkan baju alias berbugil ria. WHAAATTT???!!!! Tenang, walaupun para pengunjung diwajibkan untuk menanggalkan pakaian namun Jjimjilbang dipisahkan antara tempat mandi wanita dan pria, dan umumnya dilengkapi dengan bak mandi (hot tub), pancuran, sauna dan meja pijit. Hanya di tempat inilah para pengunjung diwajibkan untuk menanggalkan pakaian.


Di lantai lain bangunan, ada juga area yang dikhususkan untuk gabungan wanita dan pria yang biasanya dilengkapi dengan fasilitas kafetaria, ondol untuk duduk-duduk dan tiduran, TV, warnet (PC bang), tempat karaoke (noraebang), tempat Gym dan juga ruang tidur. Sebagian besar Jjimjilbang buka selama 24 jam penuh dan sangat ramai dikunjungi oleh keluarga Korea pada akhir pekan untuk relaksasi dan berendam.





Kami pergi menuju tempat Jjimjilbang di kawasan Itaewon yang bernama Itaewon Land. Kenapa kami memilih Jjimjilbang di Itaewon Land? Alasannya engga jauh-jauh karena setelah mengumpulkan informasi, diketahui kalau di sini pernah dipakai untuk syuting variety show We Got Married "Yongseo Couple" dan juga serial drama Secret Garden yang dibintangi oleh Hyun Bin oppa hohoho *fan girling Mode ON* Setelah membayar tiket masuk 8.000 Won per orang kami diberikan baju ganti berupa kaos, celana pendek dan handuk kecil serta kunci loker yang dapat dipakai seperti gelang. Pertama-tama kami masuk terlebih dahulu ke ruangan yang penuh dengan loker-loker kecil. Ruangan tersebut adalah tempat penyimpanan sepatu. Untuk informasi mengenai Itaewon Land bisa kalian cek disini.





Rak penitipan sepatu


Setelah menaruh sepatu di ruangan sepatu, saatnya pergi ke ruang baju ganti. Kami mengganti pakaian dengan baju kaos serta celana pendek yang telah dipinjamkan. Nah ada yang unik jika kita mengunjungi Jjimjilbang. Semua pengunjung akan diberikan handuk kecil, nah handuk kecil itu biasanya akan dibentuk seperti topi. Kami pun mencoba seperti yang sering ada di drama-drama Korea hahaha.


Kira-kira beginilah bentuk handuknya :D


Memasuki ruangan dalam, rombongan wanita dan pria dipisah. Begitu membuka pintu ke bagian pemandian, mata kami terbelalak dan kaget melihat pemandangan di depan kami, dimana orang-orang (wanita) yang bertelanjang bulat. Di ruangan yang luas itu ada banyak wanita yang tidak mengenakan pakaian sedang menonton TV dan mengobrol sambil berendam. Jujur, ini pertama kalinya saya melihat pemandangan 'horor' seperti itu zzz. Karena malu melihat wanita-wanita yang dengan santainya tidak mengenakan baju, maka kami bergegas pergi ke lantai atas untuk mencoba ruangan sauna.


Di lantai atas terdapat ruangan besar yang biasanya digunakan pengunjung untuk beristirahat duduk-duduk atau tidur-tiduran. Nah di ruangan ini sudah tidak dipisahkan antara wanita dan pria. Untuk duduk dan tiduran kami harus menggelar semacam karpet kecil dan juga bantal keras yang sudah di sediakan.


 '찜질방' atau Communal Room


Kafetaria



Di samping ruang berkumpul, ada juga kafetaria yang menyediakan berbagai makanan dan juga minuman untuk para pengunjung. Biasanya sambil duduk-duduk di ruang berkumpul, para pengunjung sambil memakan telur rebus yang dibeli di kafetaria. Puas meluruskan badan di ruang berkumpul, kami masuk ke kamar sauna yang suhunya mencapai 50°C. Kamar sauna tersebut berisi batu batu alam yang hangat dan juga tembok-tembok yang terbuat dari batu.


Cyn dan Pyo


Ternyata ada beberapa macam jenis sauna. Mulai dari yang bersuhu rendah (sauna es) hingga yang panas (sauna uap dari batu panas yang disiram dengan air) dan juga sauna tradisional Korea (dari batu-batu mineral yang dipanaskan atau lantai yang panas). Kami mencoba sauna tradisional Korea yang ruangannya terdiri dari baruan mineral yang panas suhunya bisa mencapai 50°C. Pas banget dengan kami para perantau yang sudah kelelahan dan kedinginan dengan udara Seoul selama seminggu dan butuh penyegaran serta istirahat. Kami pun menyempatkan untuk main ke PC bang atau kalau orang Indo lebih familiar dengan nama warnet. Dan engga lupa juga untuk pergi ke ruang Gym mencoba kursi pijat yang pernah dipakai sama Yongseo Couple hahaha.... Untuk menggunakan kursi pijat, kami membayar 500 Won untuk setiap 10 menit pemakaian.



PC bang


Kursi pijat yang buat ketagihan


Hampir seharian penuh kami berada di Jjimjilbang. Berada di sini sangat membuat kami ketagihan karena suhu udaranya yang bersahabat dibandingkan jika kami harus kembali keluar mengarungi kota Seoul yang sedang mengalami peralihan musim dingin ke musim semi. Ohya, Jjimjilbang ini juga bisa menjadi alternatif untuk para backpacker sejati karena hampir semua Jjimjimbang buka 24 jam dan kalian tentu saja bisa menginap di sini. So, bisa banget untuk menekan budget hotel ataupun penginapan hehe.. Pengalaman ber-jjimjilbang ria pastinya engga akan pernah terlupakan hihihi.



Cheers,
Annisa



1 komentar:

  1. Saunas are great. Concur along with you. Superior for health and fitness and temper.   saunajournal.com

    BalasHapus