Senin, 24 Agustus 2015

Korean Street Food: Jinjja Daebak!


Lapar dan melihat beberapa jajanan pinggir jalan di kota Seoul betul-betul merupakan salah satu cobaaan terberat yang Tuhan ciptakan.... #lebay


Semua orang tau kalau Korean Street Food sangat enak dan juga banyak variasinya. Ada beberapa banyak street food enak yang dijual tanpa membuat kantong jebol alias aman hihihi. Ya tapi jangan dibandingkan dengan harga jajanan street food di jakarta semacam gorengan dll ya. Harganya udah pasti jauh berbeda. Seperti sebuah ungkapan "Ada harga, ada rupa", itulah yang diusung oleh jajanan street food di Korea. Walaupun harganya lebih mahal, soal rasa boleh banget diadu! Hehehe...



1. Tteokbboki
Tteokbboki (spicy rice cakes) merupakan makanan yang paling klasik dari semua jajanan street food di Korea. Rasanya yang pedas dan manis membuat hidangan ini harus kudu wajib dicoba oleh semua orang yang mengunjungi Korea untuk pertama kalinya. Harganya sekitar 2000 Won per porsi.





2. Odeng 
Odeng  (fish cakes) merupakan jajanan yang paling murah yang bisa kalian temukan di jalanan. Hidangan ini ditusukkan pada sebatang tusukan dan berbahan dasar ikan yang sudah diolah (sejenis otak-otak). Odeng disajikan bersama dengan kuah kaldu yang sangat lezat yang lebih nikmat dimakan selagi hangat dan dalam cuaca dingin. Harga Odeng berkisar antara 500 - 1000 Won per tusuk.






3. Dakkochi
Dakkochi adalah jajanan street food olahan yang berbahan dasar ayam dan sayuran. Bahan-bahan tersebut ditusukkan ke tusukan. Pembeli bisa memilih jenis saus yang diinginkan, ada yang asin dan juga pedas-manis. Rasa Dakkochi sangat unik yang dijamin pasti buat kalian ketagihan kalau udah mencobanya fufufu.. Harga 3000 Won.


Dakkochi tanpa sayuran


Dakkochi



4. Kimbap
Kimbap atau sushi ala Korea ini juga termasuk salah satu jajanan street food yang banyak digemari. Hidangannya berbahan dasar rumput laut, nasi dan juga sayuran. untuk seporsi Kimbap di hargai 2500 Won.



  

5. Nakji-Gguri a.k.a Roasted Octopus 
Merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba bagi para seafood lovers! Enak paraaaaaahhhh........ Untuk saus dan juga taburannya sama persis seperti Takoyaki dari Jepang. Setusuk Nakji-gguri cukup merogok kocek 3000 Won.





6. Hotteok a.k.a Filled Pancakes
Hotteok merupakan hidangan yang berisi kacang, gula merah dan juga cinnamon kemudian digoreng atau juga di panggang. Hidangan manis ini biasanya dimakan saat musim dingin atau juga bisa dimakan sebagai makanan penutup di musim panas. Untuk seporsi Hotteok dihargai 1000 Won.




7. Delimanjoo 
Delimanjoo berasal dari kata 'delicious' dan juga 'manjoo'  dalam bahasa Korea atau yang biasa dikenal dengan 'dumplings'. Tekstur kue ini renyah di luar tetapi lembut dan creamy di dalamnya. Yummieeeee!! Untuk 10 Delimanjoo dihargain 2000 Won.





8. Tornado Potato
Jajanan ini pertama dikenal oleh masyarakat Korea pada tahun 2007. Makanan ini adalah kentang yang dipotong secara memutar sehingga menyerupai bentuk tornado dan digoreng sampai renyah. Kalian bisa menambahkan bubuk perasa dengan rasa sesuai selera, yaitu cheese dan juga onion powder. Harga untuk setusuk Potato Tornado adalah 2500 Won.





9. French Fry Corn Dogs
Hidangan ini merupakan modifikasi dari hidangan hotdog. Yang membedakan antara corndog dan hotdog ialah penampilannya dan juga komposisinya. Corndog disajikan sama seperti hotdog, namun tambahannya diberikan adonan kentang yang dilumerkan di potongan sosis yang sebelumnya sudah ditusukkan lalu kemudian digoreng. Nom nom nom..... Harga Corndog ialah 2500 Won.





10. Boonguhbbang a.k.a Kue Ikan
Kue ini dibentuk menyerupai ikan, sehingga dinamai kue ikan. Boonguhbbang diisi oleh pasta kacang merah. Hampir sama seperti Delimanjoo, tekstur kue ini renyah diluar dan sangat lembut didalam. Harganya 1000 Won.





11. Longffle a.k.a Long Waffle
Salah satu jajanan yang paling unik dan paling enak yang ada di Korea. Longffle merupakan singkatan dari Long Waffle (Waffle panjang) #Eaaaaaaaa... Soal rasa engga perlu ditanya lagi. Waffle panjang yang di atasnya diberi ice cream dan juga sirup pilihan rasa, mulai dari rasa stroberi, coklat dan bluberi. Untuk seporsi Longffle dihargai 2500 Won.





12. Jipangi Ice Cream
Engga bisa dipungkiri kemasyuran Jipangi Ice Cream ini sampai mewabah juga di Indonesia. Ice Cream Cone berbentuk huruf "J" ini sayang banget kalau kalian lewatkan. Hidangan ini terdiri dari dua rasa, yakni vanila dan coklat. Harganya sekitar 2000 Won.





Bisa dibilang jajanan street food di Korea sangat kreatif. Selain banyak jenisnya, penampakan dan rasanya juga lucu dan enak bingit! Kalau ditanya jajanan favorit selama di sana, saya udah pasti engga bisa jawab hehe. Karena semuanya enak-enaaaaaaaaak xD  Semoga engga pada ngiler ya setelah baca postingan ini :p





Cheers,
Annisa A.

4 komentar:

  1. Aku sih ngiler banget, Nis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi.... Kapan gitu nge-trip bareng yuk bang!

      Hapus
    2. Ayuk banget Nis... Line atau WA dong...

      Hapus
  2. halo kak annisa,mau tanya nih kak, biasanya kalo street food korea gtu halal ngak ya kak? makasih banyak kak atas infonya hehe maaf juga karena anonymous karena ngak punya account blogspot :(

    BalasHapus